Monday, February 26, 2018

Cara Menciptakan Pempek Dos Lezat & Gurih Tanpa Ikan

Pempek Dos atau empek empek dos merupakan salah satu jenis pempek yang dibentuk tanpa materi ikan. Namun walaupun tanpa memakai ikan pempek dos ini tetap yummy dan gurih lho bahkan lebih irit dan simpel proses pembuatannya dari pada pempek kapal selam atau pempek lainnya. Dengan siraman Kuah Cuko pempek yang istimewa menambah cita rasa pempek semakin nikmat. Bagi anda yang ingin menciptakan pempek yang gampang dan sederhana coba saja resep pempek dos yang Istimewa yummy dan gurih berikut ini.

Resep Empek Empek Dos Tanpa Ikan

 Pempek Dos atau empek empek dos merupakan salah satu jenis pempek yang dibentuk tanpa materi Cara Membuat Pempek Dos Enak & Gurih Tanpa Ikan

Bahan Pempek Dos
tepung terigu serba guna 125 gr
tepung tapioka 200 gr
telur 2 butir
kaldu debu 1 1/2 sdt
air 250 ml
garam 2 sdt

Bahan Isi Pempek Dos
telur 5 butir ( kocok lepas )

Bumbu Pempek Dos ( haluskan untuk saus )
cabai rawit merah 5 buah
cabai merah keriting 3 buah
bawang putih 8 siung
udang kering kring 1 1/2 sdm
garam 1/2 sdm

Saus Cuko Pempek :
gula merah 200 gr
gula pasir 100 gr
cuka 3 sdm / air asam jawa 100 ml
air 500 ml

Cara Membuat Pempek Dos Tanpa Ikan
  • Campurkan air, kaldu debu dan garam kemudian masak hingga mendidih sambil diaduk. 
  • Masukkan tepung terigu bertahap  sambil diaduk aduk dengan cepat hingga kalis dan matang. angkat dan diamkan biar hangat.
  • Tuang gabungan tepung terigu yang masih hangat kedalam mangkok kemudian masukkan 1 butir telur dan kocok hingga menjadi gabungan yang halus.
  • Tambahkan tepung tapioka bertahap sambil diuleni hingga gabungan pempek menjadi kalis dan tak lengket.
  • Ambil gabungan sebanyak 2 sdm kemudian bulatkan dengan tangan. kemudian bentuk cekungan yang dalam untuk isi kocokan telur.
  • masukkan kocokan telur kemudian tutup kantung dan jepit memakai jari hingga melekat dengan baik, tekuk ujungnya biar tidak terbuka dikala direbus.
  • Masukkan gabungan pempek dos kedalam air mendidih dan rebus hingga matang.
  • Membuat Saus Cuko : Siapakan panci ukuran kecil tambahkan gula, bumbu halus, garam dan air. masak hingga mendidih kemudian matikan api dan masukan cuka.
  • Penyajian : goreng empek empek dos, potong potong tata diatas piring dan siram dengan saus cuko, pempek dos siap dinikmati.
Cukup gampang bukan resep pempek dos ini, Selain pempek dos coba juga resep pempek lenjer yang tak kalah enak. Selamat menciptakan pempek dos tanpa ikan, semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments