Monday, April 2, 2018

Cara Menciptakan Es Tebak Segar

Bagi anda yang suka dengan aneka es campur segar niscaya akan suka dengan es tebak yang satu ini. Es tebak termasuk jenis es campur yang lain dari pada yang lain. Es campur tebak ini memakai isi tebak yang menyerupai mirip cendol tapi panjang menyerupai mie. Es tebak biasanya disajikan dengan serutan es menyerupai mirip es campur shanghai. Es tebak ini rasanya sungguh segar dan nikmat, di bulan mulia menyerupai ini es tebak sangat pas dijadikan menu berbuka puasa, Berikut resep cara menciptakan es tebak yang segar dan enak.

RESEP MEMBUAT ES TEBAK SPESIAL



Bahan Membuat Es Tebak
santan kental 700 ml
tape singkong 200 g
kolang kaling 200 g ( potong tipis )
cincau hitam 200 g ( potong kotak )
buah nangka 75 g
susu kental anggun 300 ml
Sirup coco pandan 6 sdm
Es serut

Bahan Tebak
Tepung beras 80 gr
tepung sagu 30 gr
air kapur sirih 1 sdm
air panas / mendidih 350 ml

Cara Membuat Es Tebak :

  • Membuat Tebak : Campurkan tepung sagu, tepung beras dan air kapur sirih, aduk hingga rata. Tuangkan air panas bertahap  sambil diaduk hingga licin, angkat.
  • Tuangkan campuran tebak kedalam plastik segitiga, pasang spuit polos. Sisihkan.
  • Rebus air hingga mendidih, cetak/semprotkan campuran tebak ke dalamnya hingga panjang menyerupai mie. Diamkan hingga matang, angkat.
  • Tanpa menunggu usang pribadi Rendam tebak dengan air dingin. Tiriskan.
  • Membuat kuah santan : Campurkan santan dan susu, aduk rata. Panaskan dengan api kecil, aduk aduk hingga mendidih, Angkat dan dinginkan.
  • Cara Penyajian es tebak : siapkan gelas saji, masukkan kolang kaling, tape singkon, cincau dan buah nangka gres kemudian tebak.
  • Tuangkan kuah santan + susu kedalamnya, tambahkan es serut secukupnya kemudian siram dengan sirup coco pandan. Es tebak segar siap dinikmati.

Sajikan es tebak yang segar dan istimewa ini bersama keluarga tercinta, Selain es tebak ada juga resep es doger spesial yang sayang kalo tidak dicoba lho. Selamat mencoba resep es tebak, supaya bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments