Monday, February 12, 2018

7 Tips Dan Resep Aneka Kering Tempe Kentang Teri Kancang Renyah Pedas Manis

Kering tempe sanggup menjadi hidangan andalah keluarga, selain rasanya yang lezat renyah dan gurih kering tempe juga sanggup bertahan lama. Bisa buat persedian stok masakan dirumah dalam kondisi darurat.Kering tempe ini cocok buat lauk alasannya ialah rasanya yang gurih anggun pedasnya itu bikin makan makin lahap aja.

Bagi anda yang ingin menciptakan kering tempe yang renyah kering tempe sanggup divariasikan dengan kentang sanggup juga di campur teri goreng, kacang goreng untuk menciptakan kering tempe teri kacang, atau tahu yang digoreng untuk resep kering tempe tahu.  Agar Lebih Awet Simpan kering tempe di toples kedap udara. Langsung Saja kita coba resep cara menciptakan kering tempe kentang renyah pedas manis.

 Kering tempe sanggup menjadi hidangan andalah keluarga 7 Tips dan Resep Aneka Kering Tempe Kentang Teri Kancang Renyah Pedas Manis

1. Resep  Kering Tempe Renyah Pedas Manis Sederhana

Bahan Kering Tempe Pedas Manis :
Tempe Papan 1buah/350gr

Bumbu Kering Tempe : 
bawang merah 8 buah  iris tipis
bawang putih 5 siung , iris tipis
gula merah 80gr, sisir halus ( sesuai selera )
Cabe merah 8 buah, iris tipis ( sesuai selera )
lengkuas 2 cm
daun salam 2 lembar
Garam secukupnya
air 100 ml
air asam jawa 1 sdt

Cara Membuat Kering Tempe:

  • Goreng tempe hingga kering dan renyah. Goreng juga bawang putih, bawang merah,  cabe merah hingga kering, sisihkan.
  • Masak air bersama air asam, garam, lengkuas,   gula merah dan daun salam hingga kental dan berambut, masukkan tempe dan bumbu kering kedalamnya. Aduk rata masak hingga matang. Angkat dan dinginkan.jika sudah hirau taacuh sanggup disimpan didalam toples.

2. Resep Kering Tempe Kentang Pedas Cabe Merah

Bahan Kering Tempe Kentang
Tempe 700 gram ( iris tipis kecil )
kentang 700 gram  ( iris tipis kecil
Cabai merah besar 6 Buah , diiris tipis
Bawang merah 10 buah ( iris tipis )

Bumbu Kering Tempe Kentang :
Cabai keriting 1 ( haluskan )
Gula pasir 5 sdm
Lengkuas 2 cm, digeprek
Bawang putih 3 buah
Ketumbar abu 1/2 sendok teh
Jahe 1/2 cm
Daun salam 3  lembar
Air asam 4 sdt
Garam 1 sdt
Gula Merah 2 sdm
sereh 2 batang, digeprek
Kaldu ayam abu 1/2 sendok teh
minyak sedikit

Cara Membuat Kering Tempe :
  • Goreng kentang dan tempe hingga kering dan matang. Sisihkan.
  • Lalu panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu sereh, lengkuas  daun salam hingga harum dan matang.
  • Kemudian masukkan kaldu, gula pasir, air asam, ketumbar, gula jawa,  dan air. Aduk rata hingga mengental.
  • Selanjutnya masukkan kentang dan tempe gorengnya. Tambahkan bawang merah dan cabai yang telah digoreng. Aduk-aduk hingga matang dan air berkurang. Matikan api, angkat, Kering tempe kentang pedas siap untuk dinikmati. Agar lebih abadi Simpan dalam toples rapat selama beberapa hari.

7 Tips Membuat Kering Tempe

  1. Pilih Tempe yang benar benar sudah jadi, padat dan butiran kedelai menyatu. semoga gampang diiris dan balasannya menarik ( tidak rusak ).
  2. Goreng tempe dengan minyak banyak dan terendam supaya matang dan kering merata tapi jangan terlalu banyak tempe iris yang dimasukkan ke dalam minyak hal ini  akan mengurangi suhu minyak jadi tempe tidak sanggup cepat kering.
  3. Goreng semua bumbu hingga kering menyerupai cabai dan bawang, sehabis di iris tipis, jadi kering tempe sanggup tahal usang renyah dan abadi kriuknya. 
  4. Agar makin gurih tambahkan lebih banyak bawang putih
  5. Untuk mengencerkan gula Gunakan sedikit air saja semoga cepat berambut dan kering yang di hasilkan lebih abadi renyahnya.Masukkan tempe kalau gula telah mengental dan berambut. Kalau belum kental tapi pribadi di masukkan kering tempe sanggup lembap dan kurang renyah lagi lagi.Bumbu kering tempe yang telah di goreng kering, di masukkan juga ketika gula mulai berambut semoga tidak basah. Jangan lupa untuk diberi garam secukupnya.
  6. Gunakan wajan lebar supaya dikala mengaduk tempe, bumbu dan gula sanggup benar benar rata.
  7. Jika kering tempe telah matang dan ketika di cicipi masih agak kurang sedikit bumbu atau kurang anggun gula sanggup di tambah lagi dengan cara mencairkan gula lagi dengan komplemen sedikit air hingga berambut. kemudian masukkan kering tempe kembali dan aduk rata.
Anda sanggup menambahkan atau mengganti kentang dengan kacang dan teri untuk menciptakan kering tempe kacang teri. Selamat mencoba resep kering tempe yang pedas renyah. Cobain juga resep tempe pedas anggun cabai hijau yang rasanya gak kalah lezat dari kering tempe renyah ini.

tag : resep kering tempe lembap cara menciptakan resep kering tempe kacang teri resep aneka kering tempe renyah dan aneka resep kering tempe kentang cara memasak kering tempe gurih tahu kering kentang lezat resep tempe pedas anggun cara memasak tempe kecap
Load disqus comments

0 comments